Dr. Ir.Niko Njotorahardjo

Januari 30, 2009 pukul 12:21 pm | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar
ISHAK DIBERKATI TUHAN (Kejadian 26:1-6)
Written by Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo   

“… Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negeri yang akan Kukatakan kepadamu. Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau” (ayat 2-3)

Apa yang sedang dialami oleh Ishak pada pembacaan diatas, juga merupakan sebuah gambaran yang terjadi kepada kita di Indonesia. Dalam sebuah surat kabar dikatakan orang miskin bertambah. Beberapa waktu yang lalu, bapak Presiden berkata bahwa dari 440 kabupaten ada 199 diantaranya termasuk kabupaten tertinggal, artinya dibawah rata-rata. Selain itu berbagai penyakit seperti flu burung, harga minyak naik, gereja ditutup dan masih banyak peristiwa lain yang menggambarkan tentang situasi yang menyulitkan seperti yang dialami oleh Ishak. Tetapi Tuhan justru berjanji bahwa transformasi dimulai dari keadaan yang paling sulit. Seperti Tuhan berpesan kepada Ishak demikian juga Tuhan berpesan kepada gerejaNya, yakni:

1. Jangan pergi ke Mesir. Hal ini melambangkan tentang dunia. Jangan kita sekali-kali mengikuti hal-hal yang duniawi apapun kesulitan yang kita alami, karena kita tidak akan memperoleh berkat seratus kali lipat jika kita kembali hidup di dalam dosa.

2. Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing. Pesan Tuhan bagi kita adalah “tinggallah di bumi ini sebagai orang asing”. Kita memang tinggal di dunia ini, tetapi kita bukan dari dunia ini. Kita disebut sebagai pengembara (Yoh 15:19). Memang kita mengalami berbagai macam tekanan, sehingga rasanya tidak betah lagi tinggal di dunia, karena pada hakekatnya memang kita tidak boleh bersahabat dengan dunia ini. Firman Tuhan berkata : “…Tidakkah kamu tahu bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah. Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah” (Yakobus4:4).

3. Seperti Abraham yang taat kepada Allah sehingga dia memperoleh janji-janji Allah yang luar biasa, maka demikian juga dengan Ishak, ia akan diberkati jika taat kepada Allah. Gambaran ini juga ditujukan kepada kita bahwa Allah akan memberkati kita seratus kali lipat jika kita taat kepada perintah-perintah Allah

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: