TINJAUAN SINGKAT TERHADAP NERAKA (2)

September 2, 2008 pukul 6:13 am | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Pemberitaan Allah mengenai Neraka

 

Neraka adalah dunia yang lain dan tak terlihat mata jasmani namun itu adalah tempat yang berbeda dengan dunia tempat kita berpijak sementara ini. Alkitab memberikan informasi yang cukup tentang keberadaan tempat ini bahwa neraka itu ada dan akan nyata setelah kita selesaikan hidup di dalam dunia ini.

Dalam  Markus 9:43-49 “ Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk kedalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, (di tempat itu ulat nya tidak akan mati dan api tidak akan padam) Dan jika kakimu menyesatkan engkau penggallah, karena lebih baik engkau masuk kedalam hidup dengan timpang dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakan kedalam neraka (ditempat itu ulatnya tidak akan mati dan apinya tidak akan padam) Dan jika mata mu menyesatkan engkau cungkillah karena lebih baik engkau masuk kedalam kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakan ke dalam neraka  (dimana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam)

                                                           

Pada saat pertanyaan tiba dalam pendengaran kita, maukah anda ke neraka? Maka tanpa menanti waktu yang lama kita meresponi bahwa kita tak mungkin kesana, karena dalam pikiran kita, kita ini adalah pengikut Kristus. Namun tempat ini disiapkan Allah untuk para pemberontak, seperti malaikat-malaikat yang berdosa dalam pimpinan lusifer, namun tak menutp kemungkinan kepada manusia secara umum bagi setiap orang menolak Yesu sebagai Tuhan dan Juruselamat, bahkan bagi mereka yang disesatkan oleh pengajaran yang tidak memiliki dasar yang benar yakni mendasarkan pada pemikiran yang bukan Allah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Neraka tempat yang sangat buruk untuk masa depan, api saja tidak padam artinya penyiksaan, penderitaan, penghukuman, tidak dibatasi oleh waktu. Dalam Lukas 16:22-31  Mengatakan, “Kemudian matilah orang miskin itu lalu dibawah oleh malaikat ke pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara dialam maut ia memandang ke atas dan dari jauh dilihatnya Abraham dan Lazarus duduk dipangkuannya. Lalu ia berseru katanya: Bapa Abraham kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus supaya ia mencelupkan ujung jarinya kedalam air dan menyejukan lidahku. Sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. Tetapi Abraham berkata: Anaka ingatlah bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu. Sedangkan Lazarus segala yang buruk sekarang ia mendapatkan hiburan dan engkau sangat menderita. Selain dari pada itu diantara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau dating dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. Kata orang itu kalau demikian aku minta kepadamu bapa supaya engkau menyuruh dia kerumah ayahku sebab masih ada lima orang saudaraku supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh agar mereka jangan masuk kelak kedalam tempat penderitaan ini. Tetapi kata Abraham: ada pada mereka kesaksian musa dan para nabi baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu, jawab oarng itu tidak, Bapa Abraham tetapi jika ada seorang yang dating dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. Kata Abraham kepadanya, jika mereka tidak mendengar kesaksian musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”

 

Mengisahkan Lazarus dan orang kaya yang  mati, dan  mereka memperoleh tempat perhentian yang kekal, Lazarus digambarkan ditempat yang nyaman yakni pangkuan Bapa Abraham, sementara sang orang kaya ditempat penyiksaan yang membuatnya menderita, sehingga ia memohon agar bapa Abraham memikirkan nasib saudaranya yang belum mati, dan dalam penderitaan itulah sang orang kaya memohon agar Lazarus diutus untuk memberikan setetes air untuk menghilangkan dahaga karena panas nya api neraka yang tak kunjung padam.

Neraka tempat yang menakutkan, suatu suasana yang tidak bersahabat, masing-masing orang akan mengalami siksaannya sendiri, tidak dijumpai pertolongan dari siapa pun karena itu adalah akhir dari suatu kehidupan, di dalam hidup inilah kita akan memperjuangkannya sendiri mau hidup seperti apa, namun jika sudah berakhir kita pun tak dapat lagi menentukan tempat kita akan beristirahat abadi, Allah yang menentukan kita hanya dapat menerima.

Neraka itu tempat kematian saya memperkirakan kepanasan api neraka melebihi panas matahari jika kita berjarak satu (1 cm) dari sumber panasnya.1

 

Kehidupan yang sekarang saja secara umum manusia tidak dapat menahan panas dalam suatu ruang dan tidak tahan untuk waktu yang lama dalam ruang hampa udara, bagaimana mungkin dapat menikmati suasana di dalam neraka. Neraka adalah dunia yang tidak kelihatan secara umum.2

 

Tempat ini akan menjadi nyata setelah hari penghakiman, ini tempat yang mengerikan setiap orang yang masuk ke sana akan mengalami masa siksaan yang belum pernah ada sebelumnya, tidak ada persembunyian dan perpindahan tempat berdasarkan suka atau tidak suka.

 

Perjalanan menuju Neraka, dijalan ini tidak dikenal tata tertib semuanya bebas untuk kesana tidak akan dipersulit, mengapa begitu mudah untuk memasuki tempat ini? Karena ini adalah tempat bebas aturan hidup, makanya penghuninnya berjumlah besar, Alkitab berbicara lebih banyak tentang neraka dari pada surga. Hal ini mungkin karena lebih banyak manusia yang akan berakhir dineraka dari pada surga. Pada tahun 1747 John Wesley menuliskan kata-kata berikut ini saya rindu sekali untuk bias melihat secara langsung surga dan neraka……,3

 

 

 

 

 

 

1Surga atau neraga pilihan ditangan anda, Harun I. Dethan, Crythal Ministry Publishing,1997 cet.1 hal 9

2Tafsiran Alkitab WYCLIFFE Vol 3.PB Yayasan Gandum Mas, 2001 hal 268Orang 3 Kristen Masuk Neraka? Seung Woo Byun, Metanoia, 2007. hal 6

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: